Selamat Datang di Website Widyaiswara Kemendagri

Rabu, 03 Oktober 2012

Kemendagri Kagumi Keberhasilan Pembangunan Kota Bitung


Cybersulutnews, Bitung - Tim penilai lomba Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), terkagum-kagum melihat sederet keberhasilan pembangunan yang ada di Kota Bitung.

Besarnya persentase ruang terbuka hijau untuk perkotaan yakni mencapai 42 % di hutan kota Danowudu hingga penataan pedestrian untuk ruang terbuka hijau yang sangat indah menjadi nilai plus bagi kota Bitung. Tim penilai yang datang yakni Dr. Permadi Mulyajaya dan seorang staf di Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Dra. Parhulian Siagian Msi juga takjub dengan keberhasilan program penataan persampahan dengan adanya program "Bank Sampah".

“Bitung hebat. Melalui program Bank Sampah bisa mengurangi sampah di Kota Bitung. Sangat pantas meraih Adipura dan Kota Sehat,” kata Permadi di sela-sela kunjungan ke gedung "Bank Sampah" yang ada di kompleks perkantoran kantor Walikota Bitung, Selasa (18/9).

Selain melihat langsung Bank Sampah, tim penilai juga mengunjungi Pusat Pengolahan Akhir Sampah (TPA) yang ada di Kelurahan Winenet dan sumber air  'Aer Ujang' di Danowudu. Permadi dan Siagian begitu terkejut karena ternyata TPA Kota Bitung sudah menerapkan teknologi ramah lingkungan. "Kini saya punya data baru mengenai pengolahan persampahan di Bitung yang akan saya bawa ke Pusat,"kata Permadi.

Sebelum meninjau langsung di lapangan, Permadi dan Siagian diterima oleh Walikota Bitung Hanny Sondakh, Wakil Walikota Max Lomban dan Sekretaris Kota Drs. Edison Humiang di ruangan Walikota. Permadi mengatakan kepada top eksekutif Bitung ini bahwa perlombaan Inovasi Manajemen Perkotaan bukan sekedar pada tataran konsep saja tetapi pada implementasinya di lapangan.

"Bitung sudah masuk 2 besar IMP Award 2012 dari proses seleksi 34 besar," kata Permadi.

Sementara itu, Walikota Bitung Hanny Sondakh menyambut baik kunjungan tim penilai IMP ini dalam rangka verifikasi dan klarifikasi lapangan. Sondakh berharap tim bisa bekerja dengan baik saat melakukan kunjungan lapangan. Saat melakukan verifikasi lapangan, Permadi dan Siagian didampingi Asisten I Fabian Kaloh, Asisten II Dahlia Kaeng, Asisten III Malton Andalangi, Kadis Kebersihan Jossy Kawengian, Camat Ranowulu Pingkan Kapoh dan Kabag Ortal R. Lumempouw.


------ Artikel Terkait ------

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar