Selamat Datang di Website Widyaiswara Kemendagri

Kamis, 08 November 2012

33 Calon Provinsi Masuk Daftar Tunggu Daerah Pemekaran


Vivanews, Jakarta - Pemekaran daerah otonom baru ternyata banyak diminati elit-elit lokal. Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri mengaku ada puluhan proposal pengajuan provinsi baru di mejanya. Padahal saat ini, sudah ada 34 provinsi seluruh Indonesia.

"Di meja saya ada usulan 33 provinsi lagi," kata Djohermansyah Djohan dalam diskusi di yang diselenggarakan Ikatan Serjana Nadhatul Ulama di PBNU, Jakarta, Senin 5 November 2012.

Menurut dia, kalau 33 usul provinsi baru itu terwujud juga, Indonesia akan memiliki 67 provinsi. "Selamat datang 67 provinsi," katanya.

Dari semua proposal usulan itu, Djohermansyah mengakui ada beberapa yang obyektif dan rasional dalam memotret potensi dan kelayakan daerah baik dari segi kekayaan, pontensi pendapatan asli daerah, hingga faktor sosial, politik, dan historis. Namun, tidak sedikit pula usul yang terkesan seadanya dan lebih menonjol sebagai 'kegenitan' politik elit lokal.

"Tapi ada elit yang karena semangat otonom, kalau ada pemekaran daerah baru bisa jadi ada gubernur baru, bupati baru, sekda baru, trus kontraktor dorong-dorong nanti bangun-bangun baru," katanya.

DPR dan Pemerintah baru saja mengesahkan pemekaran provinsi Kalimantan Utara, bulan lalu. Provinsi itu memisah dari Kalimantan Timur, induk sebelumnya dan berdiri sendiri menjadi provinsi paling bontot.


------ Artikel Terkait ------

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar