Selamat Datang di Website Widyaiswara Kemendagri

Minggu, 01 Desember 2013

28 Kementerian/Lembaga Dapat Anggaran Dana Remunerasi Tahun 2013

Cybernews, Jakarta -  Pemerintah pada 2013 ini mengalokasikan anggaran dana remunerasi sebesar Rp 2,55 triliun untuk 28 kementerian/lembaga (K/L) di seluruh Indonesia.

Hanya 3 kementerian atau lembaga yang hingga saat ini masih belum mendapat persetujuan DPR. Ketiganya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Perpustakaan Nasional.

“Tahun depan, akan ada tambahan 14 K/L baru yang mendapat remunerasi. ’’Tahun ini, kita ingin selesai yang 28 (K/L) dahulu,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Anggaran Kemenkeu Askolani mengutip laman Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Jumat (25/10/2013).

Askolani juga menyebutkan, salah satu lembaga, yakni Setjen DPR yang sedianya mendapat remunerasi tahun ini, akan ditunda menjadi tahun depan.

Melansir laman Sekretariat Kabinet, Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Anny Ratnawati mengemukakan, penambahan jumlah K/L yang masuk daftar penerima remunerasi membuat pemerintah mengubah skema gaji PNS. Untuk yang menerima remunerasi, kata Anny, maka sistem honorarium akan dihapus pada 2014.

Menurut Wamenkeu, selama ini masih ada beberapa K/L yang mengalokasikan anggaran untuk honorarium. Misalnya dalam pembentukan kepanitiaan sebuah acara K/L. ’’Tahun depan, yang seperti itu dihapus agar anggaran tidak melonjak terlalu tinggi,” kata Anny.

Dia menegaskan, penghapusan honorarium itu sudah dituangkan dalam revisi peraturan pemerintah (PP) tentang sistem penggajian PNS, serta Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011.

Dalam aturan itu menyebutkan, tahun 2013 menjadi masa transisi bagi K/L yang masih menganggarkan honorarium, sehingga pada 2014 sudah tidak diperbolehkan lagi.



------ Artikel Terkait ------

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar